Skripsi ini mengkaji tentang nilai-nilai pendidikan ibadah. Pembahasan
skripsi ini dimaksudkan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan ibadah
yang terkandung dalam surat al-Hajj ayat 41.
Pendidikan ibadah merupakan proses membimbing, melatih, mengajar dan
menanamkan sifat-sifat yang berguna bagi kehidupan manusia dalam
menyempurnakan hakikat kemanusiaannya, semua ini bersumber dari
penghambaan diri, penundukan diri, dan penghinaan diri dihadapan sang
pencipta.
Untuk memperoleh data yang representatif dalam pembahasan skripsi ini,
penulis menggunakan riset kepustakaan dengan cara mencari, mengumpulkan,
membaca, dan menganalisa buku-buku, ada relevansinya dengan masalah
penelitian. Kemudian diolah sesuai dengan kemampuan penulis. Adapun
jenis penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah kualitatif.
Adapun metode pembahasan tafsir dalam skripsi ini adalah metode
deskriptif analisis, yaitu penulis menganalisis masalah yang akan
dibahas dengan cara mengumpulkan data-data kepustakaan berupa ayat-ayat
al-Qur’an yang berkaitan dengan apa yang akan ditafsirkan, hadits-hadits
dan pendapat para mufassir. Kemudian menganalisa pendapat para
mufassir, selanjutnya membuat kesimpulan.
Nilai pendidikan ibadah yang terkandung dalam surat al-Hajj ayat 41
meliputi: Nilai pendidikan ibadah salat dapat meningkatnya kualitas
hubungan dengan Allah swt, menjadikan jiwa seorang muslim sebagai jiwa
yang kokoh, dan sebagai sarana pengendalian diri bagi seorang muslim.
Nilai pendidikan ibadah zakat dapat berkembangnya sifat-sifat terpuji
dalam diri muzakki (pemberi zakat) yang berguna bagi lingkungan, menjadi
media silaturrahmi dan sarana pembersihan jiwa dan harta, serta
penghancur jurang pemisah antara si kaya dan si miskin. Nilai pendidikan
ibadah amr ma’ruf dan nahi munkar dapat Bukti identitas Islam dalam
suatu lingkungan, filter bagi lingkungan dari setiap hal yang
membahayakan lingungan, dan sarana pembeda antara yang haq dan bathil
dalam kehidupan.


EmoticonEmoticon