Monday, September 7, 2015

EFEKTIVITAS METODE QIRAATI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TPQ AL-ISLAHIYAH MARGOREJO SURABAYA

Tags

Abstract.
Sebagai langkah awal untuk mencetak generasi Islam yang berwawasan Qur’ani yakni menanamkan kecintaan terhadap al-Qur’an, salah satunya adalah perintah membaca al-Qur’an yang merupakan,upaya pemahaman dan pengamalan isi kandungan al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari, karena al-Qur’an adalah pedoman umat muslim di dunia. Seiring dengan perkembangan zaman, ilmu pengetahuan dan teknologi, berkembang pula metode-metode pembelajaran al-Qur’an yang bertujuan sebagai perbaikan dan penyempurna metode yang muncul sebelumnya serta disesuaikan dengan keadaan masyarakat tertentu. Dalam meningkatkan baca alQur’an banyak sekali metode baca Qur’an cepat dan praktis diantaranya adalah metode Qiraati. Metode Qiraati merupakan metode yang lebih menekankan pada bacaan yang praktis dan cepat, tepat, dan benar. Berdasarkan latar belakang, maka permasalahan yang diangkat oleh peneliti yaitu bagaimana metode membaca al-Qur’an Qiraati, penerapan metode Qiraati di TPQ, dan efektivitas metode Qiraati dalam meningkatkan kemampuan membaca alQur’an. Mengacu pada konteks penelitian diatas, tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti adalah untuk mengetahui bagaimana metode membaca al-Qur’an Qiraati, penerapan metode Qiraati di TPQ, dan efektivitas metode Qiraati dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya deskriptif, dengan tujuan untuk memberikan gambaran tentang suatu gejala tertentu. Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Untuk menganalisa data digunakan metode deskriptif kualitatif, yakni uraiannya berdasarkan pada gejala-gejala yang tampak. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) metode pembelajaran al-Qur’an Qiraati suatu metode kontemporer dengan menggunakan buku Qiraati jilidyang membacanya tanpa mengeja tetapi harus lancar, cepat, tepat, dan benar. (2) Penerapan metode Qiraati di TPQ Al-Islahiyah sudah menerapkan kurikulum Qiraati dengan sangat baik meskipun masih ada bebrapa santri yang bergurau dan bermain-main. (3) Efektivitas metode Qiraati dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an sudah efektif karena tujuan yang ingin dicapai sudah 73% santri dari masing-masing kelas bisa membaca dengan benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid dan makhrajnya.

Link Download:


EmoticonEmoticon